Kamis, 24 Januari 2013

Kenapa Pilih Elektronika dan Instrumentasi?

Wah, wah sekarang biasanya anak-anak SMA lagi pada sibuk nyari informasi perguruan tinggi buat kuliah nih. Kalo gitu gak ada salahnya dong, kalo ane promisiin prodiku sekalian. hehe
Yups, sesuai judul artikelnya pembaca pasti sudah langsung ngerti kalo ane ingin ngebahas prodi apa. Ayo, siapa yang tahu tunjuk tangan? Sekarang ane pengen ngebahas kenapa memilih Elektronika dan Instrumentasi sebagai tujuan kuliah anda? 

Sebelumnya udah pada tahu belom, apa itu Elektronika dan Instrumentasi? 
Elektronika dan Instrumentasi = Teknik elektro yah bero? 
Nah loh, masih ada yang belom tahu ya..Oke, klo belum ane kasih penjelasan singkatnya deh.

Elektronika dan Instrumentasi adalah salah satu prodi yang ada di Universitas Gadjah Mada. Prodi Eletronika dan Intrumentasi a.k.a Elins tergabung bersama prodi Ilmu Komputer dalam Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika atau bahasa kerennya Department of Computer Science and Electronics. Fakultasnya apa bero? Elins itu ada di fakultas MIPA so, mahasiswa Elins adalah seorang saintis muda, bero! Oh MIPA ya... pasti belajar ilmu murni dong, pasti berkutat dengan fisika dan masalah kelistrikannya dong om bero? Wah tenang-tenang. Bagi dirimu yang tidak terlalu suka dengan ilmu murni, Elins tetap menjadi pilihan yang tepat loh... Seorang lulusan Elins akan dihadapkan pada dua pilihan antara ilmu rekayasa (teknik) dan ilmu murni (sains). Bahasa kasarnya "Elins itu teknik yang nyasar ke MIPA", wow kok bisa bero? Up. Sebab, elektronika dan instrumentasi itu dibentuk sebagai 'jembatan' penghubung antara ilmu murni dan ilmu rekayasa, sehingga dalam pelaksanaanya lulusannya banyak berkutat dengan masalah keteknikan namun tetap memiliki daya analisis dan ketelitian seorang ilmuan.

Lalu apa saja alasan kenapa pilih Elins (Elektronika dan Instrumentasi)?

1. Yang suka robot dan semacamnya Elins adalah Rumah yang cocok loh...
Di Elins itu ada bidang minat yang sangat menarik, yaitu 'Robotika'. Di sini akan diajarkan bagaimana mendesain rancang bangun sebuah robot yang berguna bagi manusia, bagaimana memrogram suatu robot, dll. Mau robot jenis apa? Robot darat macam line follower, humanoid robot, hexapod, dll? atau robot air, macam kapal pengintai tanpa awak? atau yang paling keren (menurut ane) yaitu robot udara macam Quad copter? Hayo, pilih mana?Pokoknya yang pengen jadi 'dokter' robot, elins itu surga deh... Oh iya, kalau kalian cukup ahli dalam bidang ini, kalian bisa dipilih jadi anggota tim robot UGM juga loh...


2. Mau jadi programer handal? elins tempatnya. 
Nah, ini keuntungan lain jadi mahasiswa elins. Karena tergabung dalam jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, so otomatis juga akan diajarkan cara menjadi seorang ahli IT. Bagi kalian yang suka programing, atau suka berlogika ria. Kuliah di elins itu paling cocok banget dah buat kalian. Dari programer robot, website, bahkan OS macem linux pun bisa. Kalau pengen mendalami, kalian bisa gabung ke KSL (Kelompok Studi Linux) juga loh. KSL ini bahkan sudah menciptakan OS linux baru yang diberi nama 'UGOS' (UGM Goes to Open Source).

3. Instrumentasi, Embeded system, miroprosesor dan mikrokontroler? anak elins jagonya
Kalo bicara instrumentasi kayaknya itu sudah jadi nyawa elins. Namanya aja Elektronika dan Instrumentasi, pasti berkutat dengan hal-hal berbau instrumen, contoh yang paling kongkrit itu instrument pengukur besaran fisis, macam osilator dan kawan-kawan. Embeded system? Hmm, kalo ini makin keren bero... kita akan diajarkan bagaimana membuat sebuah embedded system (sistem tertanam) misal dalam komputer, mesin atm, dll. Mikroprosesor dan Mikrokotroler juga kurang lebih sama, ibaratnya belajar tentang rancang bangun komputer mikro lah. Dan ane jamin, bidang-bidang itu sangat menarik dan asik. Apalagi dengan bimbingan para dosen yang luar biasa cara mengajarnya.

4. Membuat perangkat sensor dan sistem cerdas, boleh dan sangat mungkin di elins
Wah, yang ini juga bidang minat yang ada di elins loh, wah kalo kalian punya kreativitas yang tinggi kalian bahkan bisa membuat sensor super canggih, macam sensor hantu dll. Becanda? Lah... ini serius loh, bahkan ada dosen elins yang berhasil menciptakan sensor hantu berbasis mikrokontroler, keren bukan? 

5. Fasilitas? Lengkap bero..
Kalo masalah fasilitas, dijamin dah elins itu lengkap. Dari fasilitas perkuliahan, Laboratorium super komplit, bahkan hebatnya lagi HMEI a.k.a Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi punya laboratorium sendiri loh... Di sini mahasiswa-mahasiswa elins menyalurkan kreativitasnya untuk membuat robot maupun penemuan-penemuan canggih baru. 

6. Lapangan kerja yang luas dengan gaji berlimpah
Hmmm, ini sih gak usah ditanya bero... Tahu sendirikan kalo elins itu jembatan antara teknik dan sains? So, kalian bisa bekerja di bidang yang ada kaitannya dengan kedua hal itu. Mau di pertambangan, automasi industri, pabrik elektronik, perusahaan handphone dan gadgets, programmer, IT, dll. Pokoknya luas deh, masalah gaji, hmm...insya Allah pasti terjamin lah.... tergantung jenis pekerjaan, kalo pengen dapat penghasilan 60-80 juta perbulan sih ane saranin, lamar kerja ke pertambangan aja gan hehehe.

So, itu beberapa alasan mengapa pilih Elins. Bagi para calon mahasiswa yang suka IT, Programing, atau hal-hal yang berbau teknologi kontemporer, prodi Elins ane rekomendasikan banget untuk kalian deh...
wah kuliahnya terlalu susah bero..?
Lah, kok udah pesimis duluan sih. Selama dirimu berusaha dengan giat pasti bisa kok. 
Lagian kuliah di Elins emang susak kok.. eh. 
Ya, enggak lah bero. Kalo susah toh buktinya anak Elins terkenal paling banyak lulus cume laude tuh. Jadi apa sekarang, masih mikir kuliah di Elins itu susah? no way lah...

"Our live is made of choises bro, and Elins is the best choise..." Okeh?! ^,^
Comments
15 Comments

15 komentar:

  1. izin share ka, salam elins b^^d

    BalasHapus
  2. Min kalo prospek d3 nya gimana?

    BalasHapus
  3. @Anonim : silahkan dek...
    @Anonim : langsung liat di http://elins.sv.ugm.ac.id/

    BalasHapus
  4. Mau tanya kak, beda teknik elektro sama elins itu apa saja ya?

    BalasHapus
  5. Mau tanya kak elins ugm itu sekarang D3 apa S1 ya kak?

    BalasHapus
  6. Elins ugm ada D3 sama S1, komplit pokoknya

    BalasHapus
  7. Kak , Saya dari SMK jurusan Teknik Elektronika ,Kalo di Lanjutin ke Elektronika Lagi cocok nggak kak??
    Heheh

    BalasHapus
  8. Kak , Saya dari SMK jurusan Teknik Elektronika ,Kalo di Lanjutin ke Elektronika Lagi cocok nggak kak??
    Heheh

    BalasHapus
  9. Kak , Saya dari SMK jurusan Teknik Elektronika ,Kalo di Lanjutin ke Elektronika Lagi cocok nggak kak??
    Heheh

    BalasHapus
  10. Oh iya kak. Misal ada keinginan untuk gabung robotika. Tp masih skill nol gmn kak?

    BalasHapus
  11. Oh iya kak. Misal ada keinginan untuk gabung robotika. Tp masih skill nol gmn kak?

    BalasHapus
  12. Kak... Beda ngambil s1 ama d3 nya apa?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Bang sekarang dapett kerjaan dimana bangg???

    BalasHapus
  15. Kalo peminatnya gimana kak apa jurusan ini rame peminat atau malah sepi peminat??hehe

    BalasHapus

 
Copyright © . Electronism - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger