Kamis, 31 Januari 2013

Hal yang Menarik dari Jepang

Yoo! Ohayou minna-san! Ogenki desuka?

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Masih dalam suasana libur semester pertama. Sambil menunggu keluarnya sang IP perdana, kali ini saya ingin memposting hal yang berbau Jepang lagi. Setelah kemarin tentang Alasan Mengapa Belajar Bahasa Jepang. Sekarang saya akan posting artikel mengenai Hal Menarik dari Negara Jepang. Agak berbeda dengan postingan sebelumnya yang lebih objektif, sekarang saya akan mengulas dari sudut pandang subjektif saya sendiri sob.

OK sob, langsung simak artikelnya.

Ada beberapa hal yang membuat saya sangat terobsesi dengan Jepang, mulai dari budaya, cerita mitologinya, cerita horor urbannya, sejarahnya, tokoh-tokohnya, budayanya, teknologinya, kedisiplinannya, dll. Dari berbagai hal tersebut saya coba mengungkapkan beberapa hal yang menurut saya paling menarik.

 1. Sejarah Keshogunan

Patung semurai berkuda

Gambaran Peperangan Sekigahara

 
Gambaran Peperangan Sekigahara


Hal pertama yang menurut saya menarik dari negara Jepang adalah tentang sejarah keshogunannya. Sejak dulu, Jepang sudah terkenal dengan sejarahnya yang sangat panjang. Sejarah Kekaisaran Jepang bahkan telah dimulai sejak abad-8 SM dengan kaisar 'mitologinya', Kaisar Jimmu yang konon adalah keturunan langsung dewi Amaterasu, dewi matahari dalam mitologi Jepang. Bahkan sejarah mencatat, Jepang sebagai negara  monarki tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.

Sejarah kekaisaran Jepang bergulir dengan dinamika yang cukup menarik buat saya. Selama lebih dari dua milenium berdirinya, Jepang telah mengalami pergantian sistem pemerintahan kekuasaan. Dari pemerintahan monarki klasik, feodal, hingga menjadi monarki kembali. Hal yang menarik bagi saya adalah masa ketika kekuasaan politik Jepang berada di tangan para feodal yang disebut Shogun. Meskipun tidak menghapus sistem kekaisaran yang dianut sebelumnya dan kaisar tetap dianggap sebagai pimpinan negara, akan tetapi tampuk kekuasaan tertinggi yang mengontrol roda pemerintahan, masyarakat, dan militer justru dipegang oleh shogun yang awalnya adalah seorang bangsawan atau tuan tanah. Di masa ini pula munculnya eksistensi para samurai sebagai pasukan elit yang mengabdi kepada para shogun dan daimyo (tuan tanah). Saya begitu menikmati cerita/film/komik/anime yang jalan ceritanya bersinggungan dengan era keshogunan Jepang. Sebab, hal itu begitu terasa dan seakan membawa saya untuk merasakan berbagai peristiwa sejarah pada masa tersebut. Salah satu cerita yang paling menarik adalah perang Sekigahara, sebuah perang yang mengantarkan Tokugawa Ieyasu menjadi Shogun setelah mengalahkan shogun sebelumnya, Oda Nobunaga sehingga membuka jalan bagi penyatuan seluruh Jepang. 


2. Soichiro Honda

Soichiro Honda

Jepang memang diakui dengan kejeniusan dan etos kerja masyarakatnya. Dari sekian banyak tokoh hebat yang berasal dari Jepang, ada satu nama yang menarik perhatian saya, yaitu Soichiro Honda, seorang tokoh yang sangat inspiratif. Soichiro Honda adalah seorang pendiri Honda Motor Company, perusahaan otomotif raksasa asal Jepang. Lahir dari latar belakang keluarga miskin, ia mampu "membalikkan takdirnya" dan menjadi salah seorang paling kaya pada zamannya. Beliau adalah salah satu tokoh panutan saya. Kekaguman saya muncul setelah membaca biografinya yang berisi usaha, kegagalan, serta keberhasilannya. Seorang yang pantang menyerah, pembuat salah satu pabrikan motor & mobil terbesar di dunia. 

Masih ingat dalam benak saya tentang kisah beliau ketika kecil. Suatu hari ia bertanya kepada anak yang lebih besar dari usianya bagaimana cara berenang. Sebab, setelah berulang kali mencoba, ia tetap tidak bisa berenang. Seorang anakpun memberitahunya untuk berlari menceburkan diri ke sungai sambil menelan sesekor modoke (semacam ikan kecil yang hidup di air tawar) agar bisa berenang. Lantas, dengan tingkah lugu seorang bocah, ia pun mematuhi perkataan anak tersebut. Maka, setelah ia mendapat sekor modoke ia pun berlari sekuat tenaga sambil menelannya dan segera menceburkan diri ke sungai, dan tentu saja yang ia dapati adalah, Tenggelam!

Keesokan harinya ia menghampiri anak yang memberinya saran dan menceritakan kejadian itu. Anak tersebut kembali berkata, bahwa ia sudah lebih besar sekarang, maka telanlah modoke yang lebih besar agar bisa berenang. Alasan yang logis menurutnya ketika itu. Honda pun kembali mengikuti saran anak tersebut, kali ini dengan ikan yang lebih besar ia melakukan hal sama kedua kalinya, dan akhirnya, Berhasi! Ia bisa berenang!

Belakangan, ia menyadari bahwa bukan modoke yang ditelannya yang membuatnya mampu berenang, akan tetapi kemauan keras dan  semangat pantang menyerahnya-lah yang membuatnya berhasil. Satu prinsip yang selalu ia pegang hingga akhirnya menjadi seorang milioner yang sangat sukses di bidang otomotif.

3. AKB48

AKB48

Maeda Atsuko

Takahashi Minami

Berbicara tentang hal menarik berkaitan dengan budaya populer jepang, pasti tidak akan jauh dengan idol group yang satu ini. AKB48 (Ekebii foti eito), hadir dengan konsep 'Idols you can meet everyday!' yang agak 'nyeleweng' dari konsep idol group biasanya. AKB48 berhasil meraih popularitas tertinggi di Jepang dengan lebih dari sepuluh juta kopi penjualan album dan single-singlenya. Group yang beranggotakan 48 orang gadis ini juga tercatat sebagai idol group terbesar di dunia. 

AKB48 adalah satu-satunya 'group vokal (girlband, boyband, grop idaol, etc)' yang saya favoritkan, bahkan sejak sebelum demam boybands/girlbands korea menjangkiti Indonesia. Takahashi Minami adalah oshimen (member idola) pertama saya, namun belakangan saya lebih mengidolakan Maeda Atsuko dan tentu saja saya kembali memilih Takamina sebagai oshimen setelah Accan (Maeda Atsuko) graduate (keluar) dari keanggotaan AKB48.

Yang menarik dari gruop ini bahwa penggemarnya berasal dari berbagai macam kalangan. Dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun mengidolakan mereka. Ini bisa jadi karena konsep brilian yang dicetuskan sang produser, Akimoto Yasushi. Sangat berbeda dari konsep idol yang serba tertutup hingga fansnya sendiripun sangat sulit bertemu atau bahkan sekedar berjabat tangan, AKB48 hadir dengan konsep yang berbeda dengan hal tersebut. Para fans bisa bertemu, bertatap muka, dan bahkan bisa berjabat tangan, mengobrol, atau sekedar bertukar sapa dengan idolanya setiap hari.

4. Masked Rider & Joe Odagiri

Kamen Rider Kuuga

 Joe Odagiri
 Shinobi                                                                    My Way

Masked Rider, adalah salah satu kebudayaan popoler Jepang yang sangat menarik hati saya ketika kecil. Masked rider yang saya maksudkan di sini bukan yang berasal dari era Showa, melainkan   dari era setelahnya, atau lebih dikenal dengan Masked Rider era Heisei. Alur cerita yang dinamis dan misterius, membuat imajinasi kecil saya melayang dan dimanjakan oleh para pahlawan tokusatsu ini. Salah satu yang paling saya favoritkan adalah Masked Rider Kuuga, yang juga menjadi pioner zaman keemasan masked rider heisei. Joe Odagiri yang memerankan tokoh Yuusuke Godai & Kamen Rider Kuuga pun tak luput menjadi idola baru saya ketika itu. Tak hanya ketika memerankan Kuuga, eksistensi Joe Odagiri di dunia akting pun belakangan terus saya ikuti. Saya masih menggemari aksi & aktingnya bahkan setelah saya  kuliah. Film dan dorama yang ia perankan pun menjadi favorit saya, beberapa di antaranya adalah film Shinobi, May Way, dan dorama Kakozu no Uta.

5. Monkey Majik
Monkey Majik

Hal menarik lain dari Jepang adalah Monkey Majik. Mereka adalah sebuah grup band beraliran pop-rock/soft rock yang cukup terkenal dan memiliki basis penggemar besar di Jepang. Saya sendiri sangat menyukai lagu-lagu yang dibawakannya seperti Fly, Aishiteru, Tada Arigatou, Headlight, Together, Sakura, dll. Monkey Majik beranggotakan dua orang Jepang (Tax Kikuchi & Dick Mori) dan dua orang Canada (Maynard & Blaise Plant brothers). Karena berasal dari negara yang berbeda, group band ini sering disebut grup band hybrid dan kenyataanya pun benar, karena lagu yang mereka bawakan sering merupakan kombinasi antara bahasa Inggris (English) dan Jepang (Nihon-go).

6. Tokyo Tech

logo Tokyo Tech

Salah satu view kampus Tokyo Tech

Apakah universitas terbaik di Jepang? Pasti semua menjawab Universitas Tokyo (Tokyo Daigaku). Namun, jika ditanya apakah universitas yang paling menarik di Jepang, maka pilihan saya jatuh pada Tokyo Institute of Technologi (Tokyo Tech). Mengapa? Selain dikenal sebagai Institut Teknologi terbaik di Jepang, Tokyo Tech juga merupakan bagian dari cita-cita & masterplan saya kedepan. Intitut yang memiliki fasilitas penelitian super lengkap ini memberikan sejuta pesona. Selain fasilitas, juga iklim akademis dan saintisnya yang kuat serta tenaga pengajar yang cakap dan profesional. Semoga setelah lulus, saya bisa melanjutkan pendidikan di Tokyo Tech karena saya sendiri telah menemukan tujuan yang sesuai dengan background saya saat ini di sana. Amiin


Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Haha, suka kamen rider jg y
    klo aku sukanya Faiz & Kabuto, gaya bertarungnya keren! faiz gy nya plg macho, pas final attacknya, hehe..

    Salam kenal gan, kunjung balik:
    http://yonareta-hito.blogspot.com

    BalasHapus

 
Copyright © . Electronism - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger