Senin, 07 Januari 2013

Beasiswa BOP/BP

Kali ini saya ingin memposting mengenai beasiswa, yaitu beasiswa BOP/BP. Karena kebetulan, di kampus saya sedang ramai-ramainya mahasiswa mendaftar untuk memperoleh beasiswa ini. Hal menarik, juga karena saya sendiri ikut dalam kepanitiaan untuk 'membantu menyeleksi' mahasiswa yang ingin memperoleh beasisswa ini ^,^. Mungkin lebih tepat dikatakan sebagai pewawancara dan penyeleksi tahap awal. Sebab, keputusan akhir tetap berada di tangan universitas (dalam hal ini Dirmawa) yang menentukan siapa saja mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa.



Apa sih beasiswa BOP/BP itu? berikut penjelasan yang saya kutip dari mitbemft.wordpress.com

Beasiswa BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) dan BP (Bantuan Pendidikan) merupakan salah satu beasiswa yang ada di UGM dan diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi. Beasiswa BOP maupun BP akan membayarkan beban sks yang diambil oleh penerimanya setiap semester,  sehingga penerima beasiswa BOP dan BP ini otomatis telah melunasi pembayaran sks setiap semesternya. Beasiswa BOP dan BP ini merupakan program pemerintah dan setiap PTN yang ada untuk meningkatkan kulaitas pendidikan di Indonesia, karena dari beasiswa ini diharapkan tidak ada lagi mahasiswa khususnya mahasiswa PTN  putus kuliah karena kurangnya biaya.
Yap, seperti dijelaskan di atas, beasiswa ini digunakan untuk membayar beban SKS satu semester saja.  Meskipun demikian, beasiswa ini dirasa sangat membantu mengurangi beban biaya kuliah yang dianggap masih berat oleh sebagian mahasiswa. "Paling tidak bisa sedikit membantu orang tua." 

Untuk hari pertama ini, setidaknya saya merasakan antusiasme yang cukup besar dari mahasiswa. Meskipun mereka dibagi dalam kloter yang dibagi berdasarkan jurusan masing-masing. Adapun jadwalnya adalah:
1. Senin, 7 Januari 2013 - Jurusan Matematika
2. Selasa, 8 Januari  2013 - Jurusan Fisika
3. Rabu, 9 Januari 2013 - Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika
4. Kamis, 10 Januari 2013 - Jurusan Kimia

Adapun persyaratan pengajuan beasiswa, dapat dilihat langsung di poster berikut: 

Comments
1 Comments

1 komentar:

 
Copyright © . Electronism - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger